Thursday 5 October 2017

Penyebab leukimia | Kanker Darah Serta Cara Mengobatinya


Mendengar kata kanker pasti yang ada dibenak kita adalah sebuah penyakit yang mematikan, salah satu kanker yang mematikan adalah leukemia atau kanker darah, mari kita simak apa saja penyebab kanker darah atau leukemia serta bagaimana cara mengobatinya.

1.    Leukimia (Kanker Darah)
Kanker darah adalah penyakit bertambahnya sel darah putih (leukosit) yang tidak terkendali, akibat adanya kanker pada jaringan penghasil sel-sel darah putih.

Penyebab Leukimia
Leukimia dapat terjadi karena pasien terpapar oleh radiasi energi tinggi maupun dari kondisi genetika pasien. Pada penderita leukimia, jaringan yang seharusnya membentuk sel darah merah (eritrosit) justru membentuk sel darah putih (leukosit). Jumlah sel darah putih akan melebihi batas normal. Banyaknya sel darah putih ini menyebabkan sel darah putih menjadi ganas dan dapat memakan sel darah merah.

Cara Mencegahan dan Menanganan Leukimia
Pengobatan penyakit leukimia membutuhkan waktu yang sangat lama, paling cepat yaitu lima tahun. Apalagi jika pada saat ditemukan penyakit sudah memasuki stadium tiga.

Pengobatan pada leukimia memerlukan kombinasi antara operasi cangkok tulang belakang, kemoterapi, terapi radiasi, dan terapi biologi. 

Leukimia yang disebabkan dari radiasi dapat dicegah dengan menghindari terkena sinar radiasi tinggi.

Demikianlah penjelasan mengenai Penyebab  leukimia dan cara mengobati leukimia, semoga bisa bermanfaat untuk sobat blogger.

Jangan lupa tinggalkan komentar jika postingan ini bermanfaat untuk sobat blogger. Terima Kasih

Sumber : Materi pendamping Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu karya CV. Difa Pustaka


Artikel Terkait

No comments: