Monday 11 March 2019

Ngecamp Murah di Bukit Pamoyanan Subang | Review Tiket Masuk dan Penyewaan Tenda


 Subang, 2 maret 2019 saya beserta 7 teman saya pergi ke bukit pamoyanan subang. Keberangkatan ini sebenarnya jauh dari rencana kita yang awalnya mau pergi sekitar awal februari, namun karena ada satu dari banyak hal akhirnya mundur dan jadi pergi tanggal 2 maret 2019.

Kami ber 8 pergi sekitar pukul 10 pagi, dan sampai ke lokasi sekitar jam 13.15, perjalanan yang sungguh panjang dan melelahkan memang menempuh jarak sekitar 3.5 jam, yang harusnya menurut google maps bisa ditempuh hanya sekitar 2.5 jam, 1 jam di luar perkiraan karena berbagai hal dari mulai ngelewati jurang karena ada salah satu diantara kita yang menggunakan knalpot bising, dari pada kena polisi dan buang uang Cuma-Cuma akhirnya kita putar arah dan taraaa jalan untuk menghindari polisi tersebut adalah juraaang. Pengalaman yang sangat menantang dan dalam hati dan pikiran saya hanya terlintas,sungguh saya tidak mau melewati jalan ini lagi 😁.
Oh ya, mungkin ceritanya cukup segitu aja, hehe buat selanjutnya aku bakalan menjelaskan tentang biaya penyewaan tenda, biaya parkir, track yang dilalui dan lain-lain.

1.       Tiket Masuk Bukit Pamoyanan
Tiket masuk bukit pamoyanan cukup murah hanya di banderol dengan harga Rp. 10.000,- per orang, eitts tapi jangan seneng dulu karena itu belum termasuk biaya parkIr motor dan penitipan helm.
Biaya parkir motor untuk yang bermalam di banderol sebesar Rp. 10.000,- dan untuk yang tidak ngecamp atau bermalam hanya di banderol Rp. 5.000,- dan untuk penitipan helm tidak ada biaya yang di patok alias SEIKLASNYA.


2.       Trak Yang di tempuh dari bawah sampai ke puncak
Trak yang ditempuh untuk sampai ke puncak bukit pamoyanan hanya sekitar 10-15 menit tergantung kecepatan pendakian masing-masing. Dengan kondisi track yang bisa di bilang standarlah apalagi buat kalian yang suka naik gunung aaahh track ke bukit pamoyanan mungkin bisa di bilang biasa aja (hehe) shombong banget lu 😂.

Tapi tidak biasa saja kalo kondisi dalam keadaan hujan, karena bukit pamoyanan itu tanahnya merah jadi kebayang kalo hujan kondisi tanahnya sungguh sangat liciiin.



3.       Biaya Sewa Tenda
Buat kalian yang gak mau ribet bawa tenda dari rumah dan tidak mau ribet pasang tenda alias tinggal nempatin saja tanpa harus cape-cape pasang dan copot tenda tenang saja, karena di sana sudah ada tempat penyewaan tenda (yeaaahhh).

Tapi sebelum menyewa kalian pastikan dulu bahwa kalian sewa di tempat resmi alias di Sekertariat, karena kalau kalian menyewa di tempat resmi atau sekertariat jika ada kerusakan seperti yang saya alami dimana pada saat bermalam kondisi hujan dan tenda saya bocor tapi karena sewa ditempat resmi mereka mau menukarkan tenda yang bocor dengan tenda yang baru.

Tapi berbeda dengan tetangga saya, dia menyewa di tempat tapi tidak resmi alias bukan disekertariat, tenda mereka bocor dan tendanya tidak bisa di tukar, tapi lebih tepatnya bukan gak bisa ditukar sih tapi lebih karena lokasi tempat penyewaan tenda teman saya ada dibawah atau di tempat penitipan motor jadi mau menukarpun susah karena harus turun lagi kebawah. Jadi sebelum menyewa kalian pastikan dulu bahwa kalian menyewa di Sekertariat.

Rincian Penyewaan Tenda
Tenda dengan kapasitas 6 orang biaya sewa Rp. 80.000,- dan itu belum termasuk matras, jika kalian mau + matras atau tikar tambah biaya Rp. 20.000,- jadi total sewa tenda untuk kapasitas 6 orang Rp. 100,000,-.  (Jauh dari harga sewa kalau kita sewa di tempat penyewaan).

- Tenda dengan kapasitas 4 orang biaya sewa Rp. 60.000,- dan itu belum termasuk matras, jika kalian mau + matras atau tikar tambah biaya Rp. 20.000,- jadi total sewa tenda untuk kapasitas 6 orang Rp. 80,000,-.

Oh ya, kali ini aku mau berbagi tips juga nih buat kalian yang mau sewa tenda di lokasi.
TIPS SEWA TENDA
1)      Pastika sewa tenda di sekertariat
Tempat penyewaan tenda resmi atau sekertariat ada di atas, jadi kalo ada yang nawarin tenda di parkiran saya saranin sih mendingan ga usah, bukan apa-apa karena kalau ada kerusakan susah buat menukarkannya karena kita harus bolak-barik turun ke bawah.
2)      Cek Kondisi Tenda
Setelah tenda kalian di pasang pastikan tenda kalian aman, tidak bocor, resleting aman smua, matras atau karpet tidar robek. Karena pengalaman saya kemarin saya tidak cek kondisi tenda alhasil pas hujan ternyata tenda saya resletingnya rusak, dan kebanjiraan deh tendanya (hehe).

Ooh ya, buat kalian yang gak mau ribet bawa makanan dari rumah, kalian tidak usah khawatir karena di bukit pamoyanan banyak sekali warung berjajaran so gak bakalan deh takut kelaperan (hehe) dan harganyapun sangat terjangkau.

Oh ya karena ada yang yanya kondisi toilet, disini aku mau tambahin gimana sih kondisi toiletnya :
Kondisi toiletnya cukup lumayan bersih, ada lebih dari 5 toilet, tapi kalo masalah jarak kalo dari tempat kita mendirikan tenda ke toilet itu cukup lumayan agak jauh sih, eittss tapi lumayan yah gak yang jauh-jauh banget, dan biaya untuk sekali ke toilet iti 2.000 rupiah.

Nah mungkin segitu dulu aja kali ya ceritanya, semoga sedikit banyaknya bisa  menjadi referensi buat kalian yang ada rencana untuk camping di bukit pamoyanan. Semoga Bermanfaat 😊


Artikel Terkait

No comments: