Tuesday 16 February 2016

Hargai sekecil apapun usaha orang lain

                Setinggi apapun jabatanmu jangan pernah sekalipun kamu semena-mena pada bawahanmu, karena kita harus sadar bahwa kita sebagai manusia sangat membutuhkan peran orang lain, karena memang pada dasarnya manusia tidak bisa hidup sendiri. (Baca : Hidup Itu bukan ditentukan oleh orang lain tapi ditentukan oleh diri kita sendiri)

                Sehebat apapun kita, mau kita seorang profesor, doktor, insinyur kita itu tetap membutuhkan orang lain, dan sadarilah bahwa kita bisa sehebat seperti sekarang ini itu bukan karena kerja keras diri kita sendiri tetapi ada peran orang lain yang membantu kita sehingga kita bisa seperti sekarang ini, misalnya seperti orang tua yang membiayai kita sekolah sampai kuliah, kemudian ada guru, dosen yang mengajari kita sampai pintar seperti sekarang.

                Karena tidak sedikit orang yang sudah mempunyai kekuasaan kemudian berprilaku semena-mena terhadap orang lain. Dia menyuruh bawahannya untuk melaksanakan pekerjaan tetapi jika pekerjaannya tidak sesuai dengan apa yang dia harapkan langsung marah-marah.

                Jika memang kinerja orang lain itu tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, sebenarnya kita tidak harus marah-marah tapi yang harus kita lakukan adalah mendiskusikan apa yang sebenarnya kita harapkan karena setiap orang punya pemikiran masing-masing. Terkdangan apa yang ada didalam pemikiran kita berbeda dengan apa yang ada dipikiran mereka. Jadi mulailah untuk meng - .

“Hargai sekecil apapun uasaha orang lain, karena kamu tidak pernah tau betapa besarnya usaha yang telah dia lakukan untuk mencapai hasil itu”.

Sadar ataupun tidak sadar sikap saling menghargai inilah yang membuat kinerja seseorang menjadi lebih baik. Jadi apabila kita sebagai pimpinan menyuruh karyawan untuk melaksanakan suatu pekerjaan kemudia ia berhasil kita harus mengapresiasi hasil yang telah dia capai, tidak harus dengan uang melainkan dengan suatu penghargaan misalnya diumumkan didepan karyawan lain bahwa ia adalah karyawan berprestasi karena sudah berhasil melaksanakan pekerjaannya dengan baik.

Tetapi jika dia melakukan sebuah kesalahan jangan langsung memarahinya didepan publik, karena seperti pribahasa jika kita menegus seseorang didepan umun itu namanya menghina. Jadi bicarakanlah dengan baik sebenarnya apa yang harus dia lakukan sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal sesuai dengan apa yang diharapkan oleh kita sebenarnya.




Artikel Terkait

No comments: