Sunday 14 February 2016

Yuuk mengajak ade kita solat 😊

  Anak kecil memang tidak atau belum memiliki kewajiban untuk melaksanakan sholat 5 waktu. Tapi sebagai orang tua atau kakak kita harus mengajarkan kepada mereka untuk sholat 5 waktu dari kecil sehingga ketika anak sudah dewasa dia sudah terbiasa melaksanakan sholat 5 waktu.

Terlebih masa baligh antara laki-laki dan perempuan itu jauh berbeda, jika laki-laki baligh di usia 15 tahun berbeda dengan perempuan yang sudah baligh di usia 9 tahun. Jadi bisa disimpulkan untuk seorang anak perempuan dia sudah baligh ketia masih duduk dikelas 4 Sekolah Dasar. ( Baca : Menanti Jodoh Yang Tak Kunjung Datang )

Mengajak anak kecil untuk sholat 5 waktu itu bukan perkara yang mudah, terlebih pada jaman modern seperti sekarang ini dimana anak-anak lebih senang bermain gadget dan meononton televisi sehingga ketika disuruh untuk sholat malas.

Menyuruh anak untuk melaksanakan sholat itu bukan dengan cara memarahinya, namun dengan cara yang lebih halus, dalam hal ini misalnya dengan cara menjelaskan bagaimana hukumnya jika kita meninggalkan sholat, apa akibatnya nanti di akhirat kelak dan apa saja balasannya jika seorang umat muslim tidak melaksanakan sholat. Dan bila dia sudah mau sholat namun sholat nya selalu di akhir waktu jelaskan kembali kepada mereka hukumnya sholat di akhir waktu agar mereka tau bahwa hukum sholat di akhir waktu itu tidak baik.

Sering pengalaman saya yang mempunyai orang tua yang bisa dikatakan sangat ketat untuk urusan agama, mamah saya mendidik anak-anaknya untuk solat dengan beberapa cara :
1.    Dengan cara menyuruhnya terus-menerus
cara menyuruhnya terus menerus, jadi tidak cuma ngomong sekali atau dua kali agar anak-anaknya mau solat tapi ia ngomong secara terus-menerus sampai anaknya melaksanakan sholat. Jadi bisa dibayangkan kalau kita gak sholat-sholat orang tua kita ngomong terus dan lama-lama kita risih juga kan dan akhirnya sholat.
2.    Menuntun anaknya kekamar mandi
Cara yang kedua yang orang tua saya terapkan pada saya dan anak-anaknya sewaktu kecil adalah dengan cara menuntunnya kekamar mandi. Misalnya disuruh sholat isya tetapi malah tidur orang tua saya langsung menuntun anaknya kekamar mandi karena prinsipnya kalau misalkan sudah dikamar mandi pasti akan berwudhu.

Nah sekian dulu sharing saya mengenai Yuuk mengajak ade kita sholat, semoga bisa memberikan informasi sekaligus motivasi untuk teman-teman yang mungkin sedang kesusahan bagaimana anak-anaknya atau adiknya agar tidak susah untuk melaksanakan sholat 5 waktu.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih
Silahkan untuk membagikan postingan ini, jika dirasa postingan ini bermanfaat untuk kalian.
Jika ada pertanyaan, kritik maupun saran silahkan tulis dikolom komentar. Terimakasih

Artikel Terkait

No comments: