Saturday 23 September 2017

10 Hal Yang Harus Dilakukan Sesaat Setelah Seseorang Meninggal


Apa saja yang harus dilakukan seorang muslim jika mendapati kerabatnya meninggal dunia ?

Nah mari kita simak 10 Hal Yang Harus Dilakukan Sesaat Setelah Seseorang Meninggal dunia.

Apabila ada orang yang menghadapi sakaratul maut kemudian meninggal, maka anggota yang ditinggalkan diperintahkan untuk melakukan 10 hal ini diantaranya :

1.         Mengucapkan kalimat istirja
Rasululluh Saw bersabda, siapa saja yang ketika ditimpa musibah mengucapkan :

Maka Allah SWT memberikan pahala dalam musibahnya dan mengganti musibah dengan yang lebih baik.
2.         Mengucapkan do’a
3.         Menutup kedua mata jenazah
4.         Menutup atau menyelimuti jenazah supaya wajah yang berubah tidak terlihat.
5.         Diperbolehkan mencium jenazah dan menangis, asal tidak disertai dengan nihayah atau menangis meraung-raung, meratap, dan berteriak-teriaksambil merobek pakaian.

Aisah RA menceritakan bahwa Rasululluh Sallalahu Alaihi Wasallam mencium jenazah Usman bin maz’un dengan air mata berlinang membasahi pipi. Akan tetapi Rasulululluh Sallalahu Alaihi Wasallam melarang menangisi jenazah dengan nihayah dan ratapan karena termasuk adat jahiliyah.

Belia bersabda bahwa “Ada dua suara yang dikutuk didunia dan diakhirat, yaitu suara suling ketika mendapat kenikmatan dan ratapan ketika ditimpa musibah.
6.         Bersabar dan Bertawakal
Rasululullah Saw bersabda, Allah Swt Berfirman “Tidak ada ganjaran bagi Hambaku yang Mukmin, bila aku memanggil kekasihnya di dunia kemudian dia menerima dengan sabar, kecuali surga (ganjarannya).
7.         Mengucapkan kata-kata yang baik, Rasululullah Saw bersabda, “Jika kalian menjenguk orang yang sedang sakit atau melayat orang yang meninggal hendaklah mengucapkan kata-kata yang baik karena para malaikat mengaminkan apa yang kalian ucapkan”.
8.         Menyegerakan pemakaman jenazah. Rasululullah Saw bersabda
a.       Segeralah mengurus jenazah karena tidak layak jenazah muslim ditahan ditengah keluarganya.
b.      Hendaklah kalian segera mengurus jenazah,. Jika ia orang yang saleh, berarti kalian cepat mempertemukannya dengan hasil kebaikannya. Namun sebaliknya jika dia adalah orang yang jahat, berarti kalian telah melepaskan keburukan dari pada kalian.
9.         Membayar Utang.
Rasululullah Saw bersabda “Nyawa seorang mukmin tergantung pada utangnya sampai dibayarkan”
10.     Mengabarkan berita duka kepada keluarga, kerabat dan orang-orang yang saleh agar mereka turut mendapatkan pahala dalam mengurusu jenazah. Hal ini berdasarkan riwayat Abu Huroiroh RA , Rasululullah Saw mengabarkan kematian Raja Najasi pada hari wafatnya. Namun makruh jika memberi kabar bertujuan ria dengan banyaknya orang yang bertakziah.

Sumber : Majmu Syarif Kamil CV Penerbit J-ART


Artikel Terkait

No comments: