Wednesday 19 April 2017

Keutamaan orang yang berpuasa dibulan ramadhan

Ada banyak keutamaan berpuasa, baik itu puasa sunat maupun puasa wajib, pada artikel ini saya akan berbagi informasi mengenai Keutamaan orang yang berpuasa dibulan ramadhan apa saja keutamaannya mari kita simak bersama.

1.    Akan di ampuni dosa-dosanya.
Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw :




Artinya : Barang siapa yang berpuasa dibulan ramadhan karena iman dan ridho Allah, niscaya ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (H.R Bukhari)

2.    Disediakannya pintu syurga yang khusus atau di sebut “Babur Rayyan”
Diriwayatkan dari sahabat sahal R.A Bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda :


Artinya : Sesungguhnya di surga itu ada sebuah pintu yang disebut pintu “Rayyan” akan masuk dari pintu tersebut pada hari kiamat orang-orang yang berpusa dan tidak akan masuk darinya seorangpun selain mereka yang berpuasa. (H.R. Imam Bukhari)

3.    Diijabah Do’anya atau dikabulkan do’a nya
Sabda Nabi Muhammad Saw :


Artinya : Tiga do’a tidak akan ditolak : Do’a orang tua, do’a orang yang sedang berpuasa dan do’a musafir. (H.R. Imam Baihaqi)
Sabda Nabi Muhammad Saw :


Artinya : Sesungguhnya bagi orang-orang yang berpuasa ketika berbuka ada do’a yang tidak akan ditolak. (H.R. Ibnu Majah)

4.    Akan dilipat gandakan pahalanya dan mendapatkan kebahagiaan didunia dan diakhirat
Diriwayatkan dari sahabat Abi Hurairah R.A Bahwa Rosulallah Saw bersabda :


Artinya : Allah berfirman “Setiap amal kebaikan manusia adalah untuknya kecuali puasa, maka sesungguhnya puasa itu untukKu, dan aku yang akan membalasnya. Dan puasa itu sebagai tirai, maka ketika hari berpuasa salah seorang diantara kamu janganlah ia berbuat keji (mengeluarkan kata-kata buruk dan yang mengundang syahwat). Dan janganlah hingar bingar, apabila ada yang memarahinya atau mengajak berkelahi hendaklah ia berkata “aku sedang berpuasa”. Demi Allah yang jiwa Muhammad dalam kekuasaannya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, tatkala ia berbuka dan ketika berjumpa dengan Tuhannya ia gembira dengan puasanya. (H.R. Imam Bukhari)

Demikianlah artikel mengenai Keutamaan orang yang berpuasa dibulan ramadhan semoga bermanfaat untuk sobat semua. Amiin.

Sumber : Risalah Puasa Ramadhan Pustaka Alhuda



Artikel Terkait

No comments: