Thursday 20 April 2017

6 Keistimewaan Bulan Ramadhan

Tidak terasa bulan ramadhan akan segera datang, semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan dan panjang umur sehingga bisa bertemu lagi di bulan yang dirindukan oleh semua umat muslim ini yaitu bulan ramadhan.

Bulan ramadhan adalah bulan umatnya Nabi Muhammad Saw, yaitu bulan kita semua umat islam, banyak sekali keistimewaan pada bulan ramadhan diantaranya :
1.    Bulan diturunkannya Al-Qur’an.
Alqur’an adalah kitab suci umat islam dan sebagai petunjuk bagi umat Manusia. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 185 :


Artinya : Yaitu Bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi umat manusia dan penjelsan-penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda (antara hak dan bathil).

2.    Bulan yang terdapat didalamnya suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu malam al-qadr (lailatul qodar).
Sabda Rasulullah Saw :

Artinya : Wahai sekalian manusia! Telah nampak kepadamu bulan yang agung yang diberkati, bulan yang didalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan (malam Al-Qadr).

3.    Bulan dibukakannya pintu surga dan dikuncinya pintu neraka.
Sabda Rasulullah Saw :

Artinya : Jika datang bulan ramadhan maka di bukakan pintu surga dikunci pintu neraka dan diikat syaitan. (H.R. Muslim)

4.    Bulan yang penuh ampunan dan dilipat gandakan pahala kebaikan.
Sebagaimana diriwayatkan oleh Abi Hurairah R.A, Bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda :

Artinya : Barang siapa yang mengerjakan shalat (Qiyamullail/tarawih) dibulan ramadhan karena iman dia mengharap keridhoan Allah, niscaya dia akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu. (H.R. Muslim)

5.    Bulan kemenangan Nabi Muhammad Saw dan para sahabatnya dalam perang Badar Kubro yang terjadi pada bulan ramadhan tahun kedua hijriyyah, maka terlihatlah kemuliaan dan ketinggian kalimah-kalimah Allah dan hancurnya simbol-simbol kemusyrikan.
Firman Allah dalam surat Ali-Imran Ayat 123 :


Artinya : Dan sesungguhnya Allah telah menolong kamu dalam perang badar, padahal kamu (ketika itu) orag-orang yag lemah, maka bertaqwalah kepada Allah agar kamu bersyukur.
Baca juga tuntunan shalat Tasbih 

6.    Bulan dibebaskannya kota mekah, oleh pasukan umat islam dari tangan orang-orang kafir quraisy, yang dalam sejarah dikenal dengan nama Futuh Mekah, yaitu terjadi pada bulan ramadhan tahun ke 8 hijriyyah sejak itulah disekeliling ka’bah baitullah dibersihkan dari berhala yang menjadi sembahan orang orang kafir quraisy, dan penduduk Ka’bah Mekah berbondong-bondong masuk Agama Islam.

Firman Allah dalam surat An Nashr :

Artinya : Apabila datang pertolongan Allah dan kemenangan, dan kamu lihat manusia masuk agama Allah, dengan berbondong-bondong, bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, dan mohon ampun kepadaNya, Dia adalah Maha Penerima Taubat.

Sumber : Risalah Puasa Ramadhan PUSTAKA ALHUDA

Artikel Terkait

No comments: